Selasa, 06 November 2012

Pemuda yang Mengguncang dunia



Pentingnya Peranan Pemuda


Masyarakat Indonesia telah menyadari, pemuda sejatinya memiliki peran dan fungsi yang strategis dalam pembangunan lansung yang termasuk pula dalam proses kehidupan berbangsa dan bernegara. Pemuda merupakan aktor dalam pembangunan. Di dalam masyarakat, pemuda merupakan satu identitas yang potensial. Kedudukannya yang strategis sebagai penerus cita – cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan bangsanya.
Definisi pemuda yang tertulis di Alquran. Dalam kaidah bahasa Qurani pemuda atau yang disebut “asy-syabab”didefinisikan dalam ungkapan sifat dan sikap seperti:
·         Berani merombak dan bertindak revolusioner terhadap tatanan sistem yang rusak. Seperti kisah pemuda Nabi Ibrahim. “Mereka berkata: ‘Siapakah yang berani melakukan perbuatan ini terhadap tuhan-tuhan kami? Se­sungguhnya dia termasuk orang orang yang zalim, Mereka berkata: ‘Kami dengar ada seorang pemuda yang berani mencela berhala-berhala ini yang bernama Ibrahim.” (QS.Al­-Anbiya, 21:59-60).
·         Memiliki standar moralitas iman, berwawasan, optimis dan teguh dalam pendirian serta konsisten dalam dengan perkataan. Seperti tergambar pada kisah Ash-habul Kahfi para pemuda penghuni gua.“Kami ceritakan kisah me­reka kepadamu Muhammad dengan sebenarnya. Sesungguhnya mereka itu adalah pemuda.pe­muda yang beriman kepada Tuhan mereka dan Kami tambah­kan kepada mereka petunjuk; dan Kami telah meneguhkan hati mereka di waktu mereka berdiri, lalu mereka mengatakan: “Tuhan kami adalah Tuhan langit dan bumi; kami sekali-kali tidak menyeru Tuhan selain Dia, se­sungguhnya kami kalau demikian telah mengucapkan perkataan yang amat jauh dari kebenaran” (QS.18: 13-14).
·         Seorang yang tidak berputus-asa, pantang mundur sebelum cita-citanya tercapai. Seperti digambarkan pada pribadi pemuda Nabi Musa. “Dan ingatlah ketika Musa berkata kepada muridnya, “Aku tidak akan berhenti berjalan sebelum sampai kepertemuan dua buah lautan; atau aku akan ber­jalan sampai bertahun-tahun” (QS. Al-Kahfi,18 : 60).
Zaman globalisai yang sangat canggih telah mempengaruhi berkembangnya pemuda apakah pemudah yang dilahirkan positif maupun negatif. Berikut adalah macam-macam jenis pemuda :
1.      Jenis pemuda urakan merupakan pemuda yang tidak bermaksud untuk mengadakan perubahan–perubahan dalam masyarakat. Tidak ingin untuk mengadakan perubahan dalam kebudayaan, akan tetapi ingin kebebasan bagi dirinya sendiri, kebebasan untuk menentukan kehendak diri sendiri.
2.      Jenis pemuda nakal merupakan pemuda yang tidak berminat dan tidak bermaksud untuk mengadakan perubahan dalam masyarakat ataupun kebudayaan, melainkan berusaha memperoleh manfaat dari masyarakat dengan menggunakan tindakan yang mereka anggap menguntungkan dirinya tetapi merugikan masyarakat.
3.      Jenis Pemuda Radikal merupakan pemuda yang mengadakan perubahan revolusioner. Mereka tidak puas, tidak bisa menerima kenyataan yang mereka hadapi dan oleh sebab itu mereka hadapi dan oleh sebab itu mereka berusaha baik secara lisan maupun tindakan rencana jangka panjang asal saja keadaan berubah sekarang juga.
4.      Jenis Pemuda Sholeh merupakan pemuda yang dalam setiap tingkah lakunya sehari – hari selalu berpegang teguh terhadap agamanya. Melakukan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Saran untuk pemuda yang berjiwa pemimpin. Pemuda adalah sosok pemimpin tetapi butuh pemimpin seperti yang dikatakan presiden yang membawa Indonesia merdeka Sukarno “beri aku sepuluh pemuda maka akan ku guncang dunia” dari kata-kata pemuda tersebut dapat disimpulkan bahwa pemuda pemimpin yang saling memimpin.  
Referensi : gamais.itb.ac.id/wp.../Fathi-Yakan-Generasi-Muda-dan-Perubahan.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar