Selasa, 06 November 2012

Keluarga yang Membangun Bangsa



Peran Fungsi Keluarga dalam Membangun Moral Bangsa

Peranan keluarga dalam membangun moral bangsa terhadap individu masyarakat, keluarga merupakan bagian dari masyarakat, masyarakat sangat berperan penting membentuk Negara. Dengan maksud lain keluarga sangat berperan penting membangun karakteristik individu.  
Meninjau banyaknya kasus pelanggaran moral dan etika diindonesia seperti kasus korupsi pejabat Negara, sex bebas dibawah umur, tawuran antar pelajar, pembunuhan anggota keluarga,  pemerkosaan terhadap anak dibawah umur, kekerasan dalam lingkungan sekolah, dan tingkat kejahatan yang meningkat. Seharusnya kasus-kasus kejahatan tersebut tidak akan terjadi jika peran fungsi keluarga berjalan sesuai dengan fungsi yang diperlukan untuk membangun moral bangsa terutama pemuda yang akan memimpin bangsa nantinya.
Menurut Depkes Ri tahun 1998 keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas keluarga dan beberapa orang yang tinggal disatu tempat dalam keadaan saling bergantungan. Fungsi keluarga dalam sosialisasi, membina sosial pada anak, membina norma-norma tingkah laku sesuai dengan tingkah perkembangan anak.  Jika suatu fungsi tersebut dijalankan dengan baik maka sebenarnya dapat mengatasi masalah pembangunan moral bangsa.
Tetapi seringkali terjadi kelalaian dalam berkomunikasi,  seperti kurangnya perhatian dari orang tua dampaknya akan mempengaruhi anak dilingkungan luar. Apalagi diabad 21 ini teknologi semakin cepat berkembang, internet misalnya jika anak tidak dibimbing menggunakan internet banyak dampak negative yang akan terjadi contohnya kecanduan bermain game online, membuka situs dewasa yang benggambarkan pornografi. Perlunya bekal anak dalam menghadapi masa depan sangatlah penting. Seperti pendidikan yang baik, aqidah yang baik, nilai agama yang akan menjadi pedoman nantinya.
Pembangunan karakter yang dapat membangun moral tidak terhindar dari peranan keluarga. Karena keluarga sebagai komponen utama yang saling berhubungan dengan komponen lain, keluarga pencipta sosok  individual seseorang dalam membangun moral bangsa.
Saran dari saya yang sifatnya membangun moral bangsa. keluarga harus mendukung penuh suatu individu seseorang untuk hal-hal positif. Pentingnya komunikasi yang baik menciptakan keharmonisan dalam berkeluarga yang akan membangun moral dan dapat meningkatkan derajat Negara kita di mata dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar