Selasa, 06 November 2012

Masyarakat yang Membangun Bangsa



Masyarakat Desa dan Masyarakat Kota Dalam Pembangunan Bangsa Indonesia

Masyarakat memiliki peran cukup central khususnya masyarakat desa dan kota untuk menentukan pilihan kebijakan yang sesuai dengan kebutuhan dan aspirasinya. Masyarakat memiliki kedaulatan yang cukup luas untuk menentukan orientasi dan arah kebijakan pembangunan yang dikehendaki.
Masyarakat Desa
Pengertian desa sekelompok rumah diluar kota  yang merupakan kesatuan. Masyarakat desa selalu memiliki cirri-ciri dalam hidup bermasyarakat, yang biasanya terlihat dari kegiatan sehari-hari mereka. Hidup dengan cara sederhan menjadi modal bagi masyarakat desa dalam bermasyarakat. Mudah curiga terhadap hal baru yang menurut mereka akan berdampak negatif. Menjungjung tinggi kesopanan terhadap masyarakat desa itu sendiri. Dari cirri-ciri masyarakat desa di atas dalam memiliki nilai-nilai positif dalam membangun bangsa Indonesia yang maju.
Pembangunan masyarakat desa mencangkup berbagai pendekatan dan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan matah pencarian penduduk yang tinggal di pedesaan, seperti ladang padi, jagung, dan sayuran lain, tambak ikan, dan lain-lain. Pembangunan masyarakat desa sangatlah penting bagi Negara yang sedang berkembang dimana sebagian besar penduduk terlibat dalam bidang pertanian dan perikanan.
Masyarakat Kota
Sebenearnya arti dari masyarakat kota tidaklah jauh berbeda dengan masyarakat kota hanya berbeda tempat atau lokasi yang mereka tinggalkan. Jika tadi masyarakat desa berperan sangat penting begitujuga masyarakat kota dalam pembangunan bangsa. Pembangunan di masyarakat kota berhubungan dengan dunia international seperi gedung -gedung kedutaan besar, sarana prasarana nasional, dan lain-lain yang berhubungan dengan international.
Referensi : file.upi.edu/Direktori/...DESAKOTA/Rural_Comunity.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar